Rabu, 15 September 2010

Peluang Usaha - Laundry

Di kota-kota besar, termasuk di Kota Jambi bisnis 'kotor' ini sudah tak asing lagi. Bahkan Anda banyak melihat bisnis ini sudah berkembang dengan sistem waralaba. Memang kelihatannya dengan waralaba akan tampak lebih mudah, cepat terkenal dan langsung ramai. Tapi di sisi lain sistem waralaba ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar pula kan?? Dan pada tulisan saya kali ini saya hanya ingin membuka pikiran dan wawasan anda untuk membuka usaha laudnry yang kecil-kecilan saja dulu. Bukankah sesuatu yang besar selalu berawal dari hal kecil ?

Tak ada salahnya Anda mencoba membuka sendiri usaha Laundry. Menurut saya usaha ini terbilang mudah dan simpel karena intinya kita hanya mencuci dan merawat baju konsumen. Nan...dengan sedikit keuletan dan melirik kiat sukses Laundry sistem waralaba, usaha Anda tentu sama suksesnya dengan Laundry waralaba.

Untuk menentukan lokasi usaha Laundry, saya sarankan pilih lokasi di daerah kampus, kost-kostan, atau perkantoran. Para mahasiswa atau pelajar yang kost biasanya cendrung 'malas' jika melihat pakaian kotor menumpuk (apalagi kaum pria). Sedangkan di daerah perkantoran, tak jarang para pegawainya juga tak memiliki waktu lebih untuk mengurusi pakaian kotor. Waktu mereka pun habis untuk pekerjaan, berangkat pagi - pulang malam. Nah.. inilah peluang bisnis kita 

Berikut beberapa persiapan jika Anda ingin menjalankan bisnis Laundry ini
  • Lokasi yang strategis. Sesuaikan pula dengan harga sewa tempat.
  • Mesin cuci dan pengering pakaian. Jumlahnya menyesuaikan budget Anda.Pilih yang murah saja dulu. Kemarin saya cek harganya sekitar Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 1.600.000,-
  • Alat setrika listrik.
  • Pegawai/ karyawan. Sementara itu, untuk tenaga administrasi bisa Anda tangani sendiri terlebih dahulu. Namun jika anda belum berani, anda jangan menggaji karyawan dahulu. sebaiknya anda saja atau anggota keluarga anda saja yang mengerjakannya. Jika sudah kian maju, dan anda berpikiran untuk mengembangkan usaha, barulah anda gunakan pegawai karyawan.
  • Biaya operasional untuk biaya detergent, pewangi & pelembut pakaian, biaya air, listrik, plastik pembungkus.
  • Peralatan pendukung seperti : keranjang pakaian kotor, rak / almari untuk menempatkan pakaian yang siap kirim, gantungan baju, timbangan ( untuk Laundry kiloan).
  • Armada untuk antar jemput pesanan, Jika belum punya, nggak masalah juga. kelola saja pelanggan yang ada di dekat / sekitar tempat usaha anda saja dulu.

Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam bisnis ini
  • Rekrut tenaga pencuci dan training mereka untuk selalu ramah terhadap pelanggan, memahami standart pencucian yang baik, dan tepat waktu dalam pengerjaan order ( hal-hal inilah yang menjadi standart layanan Laundry waralaba)
  • Buatlah sistem pembukuan sederhana.
  • Buatlah nota order cucian, jangan lupa beri logo / alamat usaha Laundry Anda (promosi terselubung).
  • Pelajari standart pencucian yang bersih, pengeringan dan tahap setrika yang baik sesuai jenis kain.
  • Pelajari tentang resiko kerusakan pakaian karena perubahan warna saat dicuci, luntur atau kusut. Jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan terhadap kesalahan pencucian, karena bisa membuat Anda kehilangan pelanggan.
  • Buat spanduk di tempat Anda dan sebarkan brosur Laundry Anda ke lokasi kost-kostan, perumahan, perkantoran, losmen, rumah sakit dll. Setidaknya Anda harus giat sebar brosur setiap 3 bulan sekali. Ini dimaksudkan untuk menggaet pelanggan baru.
  • Buat promosi dengan gratis pencucian setiap pengumpulan nota 10x cuci atau setiap nominal tertentu.

Jika Anda menjalankan dengan sungguh-sungguh, lambat laun Anda bisa menambah armada mesin cuci Anda dengan banyaknya pelanggan yang datang. Jangan menganggap ini adalah bisnis rendahan, karena dengan keuletan, Anda bisa meraup rupiah hanya bermodal mesin cuci.

_________________________________________________________________________________


Bagaimana ..??
Saya yakin anda pasti memiliki ide, gagasan, ataupun hasrat untuk mencoba memulai usaha pada bidang ini.
Jika anda sudah memiliki modal, tidak ada salahnya untuk mencoba. 
Namun jika anda mungkin belum beruntung memiliki modal yang memadai untuk ini, Kami mungkin bisa membantu. 
Bagi anda yang bermukim menetap di Kota Jambi, memiliki lokasi yang strategis, dan bisa digunakan untuk usaha tersebut diatas, selain itu anda memiliki kemauan keras untuk maju, Anda dapat bergabung dengan pola Kemitraan kami. 
Kami menyediakan Rp. 1.500.000,- sampai dengan Rp. 2.000.000,- dengan pola Kemitraan dalam membantu anda membuka wahana pekerjaan Untuk Anda, dan dengan sistem bagi hasil. 
Sistem yang kami jalankan bukan berupa Pinjaman. Artinya, Uang yang kami investasikan akan kami berikan dalam bentuk barang, seperti Mesin CUCI, timbangan, pewangi dan pelembut, atau alat-alat lainnya. Dengan alat yang kami berikan pada anda Anda dapat menggunakan peralatan tersebut untuk usaha dengan membagi sedikit keuntungan dari usaha tersebut Kepada UKM Jambi, maksimal 25 % (Tergantung kemampuan anda pada saat penandatanganan nota kerjasama yang akan dibuat). (Misalnya keuntungan yang diperoleh adalah Rp. 3.000.000 / bulan, maka pembagian hasil yang dilakukan adalah Rp.750.000,-. Dan ini artinya, Rp. 2.250.000,- adalah hak milik anda dari usaha yang  dijalankan).

Saat ini sudah dua usaha yang kami kembangkan, yaitu GEA Loundry, dan Ghoen Warnet n Rental dengan pola kemitraan yang sama. Dan kesemuanya saat ini alhamdulillah masih beroperasi dan dalam tahap pengembangan.

Jika Berminat anda dapat mengirimkan pesan pada Facebook :

http://www.facebook.com/?ref=logo#!/profile.php?id=100000874242172

Jangan lupa sertakan Alamat lengkap anda dan nomor telpon yang dapat dihubungi agar komiunikasi dapat berjalan dengan baik.

 SELAMAT BERGABUNG..... DAN RAIHLAH SUKSES DENGAN POLA KEMITRAAN KAMI

1 komentar:

  1. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos Pengering

    BalasHapus