Rabu, 15 September 2010

Peluang Usaha Cuci Sepeda Motor

Pengguna sepeda motor di indonesia semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti meningkatnya daya beli masyarakat. Faktor lainnya adalah pertimbangan ekonomi, dengan menggunakan sepeda motor bisa lebih menghemat biaya apabila dibandingkan memakai kendaraan umum, dan yang tidak kalah pentingnya bagi sebagian masyarakat di kota-kota besar yang sering mengalami kemacetan dapat diatasi dengan menggunakan sepeda motor.

Semakin pesatnya pengguna sepeda motor tersebut tentunya membuka peluang usaha bagi yang jeli melihatnya diantaranya adalah usaha cuci motor. Peluang bisnis cuci motor ini hanya membutuhkan modal sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit. Apalagi jika Anda mempunyai tempat sendiri atau kerja sama dengan pemilik tempat melalui sistem bagi hasil.

Pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan :
1. Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya.
2. Mesin kendaraan bermotor (jangan sampai karena ketidaktahuan,mesin motor malah rusak karena terkena air).
3. Pembukuan sederhana, menyangkut pencatatan modal awal, operasional bulanan, dan pendapatan.
4. Akses untuk mendapatkan tenaga yang bisa membantu membersihkan motor.

Modal yang diperlukan :
1. Tempat dengan luas minimal 12 meter persegi untuk 2-3 motor.
2. Dana sekitar Rp.5.000.000,-.
Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor, dan peralatan cuci, seperti sabun, sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), dan pengkilap cat motor. Modal ini termasuk untuk perbaikan tempat sesuai dengan kebutuhan, seperti kran dan saluran air.
3. Tenaga kerja, 2-3 orang, untuk mencuci motor salah satu merangkap sebagai tenaga kerja administrasi).
Jika makin banyak pengguna jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa ditambah.

Kiat menjalankan usaha :
1. Cari lokasi usaha yang banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk.
2. Mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersihan dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas.
Gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang dicuci. Ini dapat merangsang mereka agar giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit.
3. Latih tenaga kerja tersebut cara melayani dan berhubungan dengan konsumen.
4. Tentukan harga cuci sepeda motor. Biasanya harga berkisar Rp. 4.500,- – Rp. 6.000,-. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang Anda tawarkan. Misalnya, menambah dengan menyemir ban.
5. Administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran (listrik, air, gaji pegawai, iuran warga) dan pemasukan. Berikan kwitansi pada setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat Anda. Sebagai tambahan pelayanan konsumen, sediakanlah bahan bacaan berupa koran atau majalah agar konsumen tidak jenuh pada saat menunggu motornya dicuci.

Peluang usaha yang bisa anda gabungkan dengan usaha ini
Tentunya Anda ingin usaha ini berkembang besar bukan?? Anda bisa melirik bisnis lain yang bisa Anda jadikan satu di bisnis cuci motor ini, tentunya yang masih sejalan. Diantaranya :
1. Menjual peralatan mencuci motor, seperti sabun motor.
2. Menjual aksesori motor, seperti helm, stiker, dan lampu spion.
3. Menyediakan jasa ganti oli dan perawatan mesin motor lainnya.
4. Menjual motor second.

_________________________________________________________________________________

Bagaimana ..??
Saya yakin anda pasti memiliki ide, gagasan, ataupun hasrat untuk mencoba memulai usaha pada bidang ini. 
Jika anda sudah memiliki modal, tidak ada salahnya untuk mencoba. 
Namun jika anda mungkin belum beruntung memiliki modal yang memadai untuk ini, Kami mungkin bisa membantu. 
Bagi anda yang bermukim menetap di Kota Jambi, memiliki lokasi yang strategis, dan bisa digunakan untuk usaha tersebut diatas, selain itu anda memiliki kemauan keras untuk maju, Anda dapat bergabung dengan pola Kemitraan kami. 
Kami menyediakan Rp. 1.500.000,- sampai dengan Rp. 2.000.000,- untuk membantu anda membuka wahana pekerjaan Untuk Anda. 
Sistem yang kami jalankan bukan berupa Pinjaman. Artinya, Uang yang kami investasikan akan kami berikan dalam bentuk barang, seperti Mesin pompa, atau alat-alat lainnya. Dengan alat yang kami berikan pada anda Anda dapat menggunakan peralatan tersebut untuk usaha dengan membagi sedikit keuntungan dari usaha tersebut Kepada UKM Jambi, maksimal 25 % (Tergantung kemampuan anda pada saat penandatanganan nota kerjasama yang akan dibuat). (Misalnya keuntungan yang diperoleh adalah Rp. 3.000.000 / bulan, maka pembagian hasil yang dilakukan adalah Rp.750.000,-. Dan ini artinya, Rp. 2.250.000,- adalah hak milik anda dari usaha yang  dijalankan).

Saat ini sudah dua usaha yang kami kembangkan, yaitu GEA Loundry, dan Ghoen Warnet n Rental dengan pola kemitraan yang sama. Dan kesemuanya saat ini alhamdulillah masih beroperasi dan dalam tahap pengembangan.

Jika Berminat anda dapat mengirimkan pesan pada Facebook :

http://www.facebook.com/?ref=logo#!/profile.php?id=100000874242172

Jangan lupa sertakan Alamat lengkap anda dan nomor telpon yang dapat dihubungi agar komiunikasi dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar