Rabu, 15 September 2010

Peluang Usaha Franchise Makanan Martabak


Peluang Usaha Franchise Makanan Martabak

Peluang usaha makanan martabak sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Begitu banyak para penjual martabak baik di daerah perumahan maupun pusat perbelanjaan. Faktor banyaknya konsumen yang menyukai martabak juga menimbulkan bermunculannya peluang bisnis franchise makanan yang satu ini. Perbedaannya dengan penjual martabak perorangan terletak standar mutu, tempat, dan pelayananya. Hal tersebut  cukup wajar jika dikatakan lebih baik apabila dibandingkan dengan penjualan perorangan, karena dilihat dari sisi modal, untuk membuka satu gerai franchise dibutuhkan dana yang tidak sedikit.
Salah satu franchise martabak yang cukup terkenal adalah Martabak Alim. Di dekat perumahan tempat saya tinggal terdapat penjual martabak tersebut. Pengunjungnya cukup ramai ,bahkan pada saat-saat tertentu antriannya cukup panjang. Apabila anda ingin mengetahui lebih detail, anda bisa mengunjungi websitenya martabak-alim.com  Alternatif lainnya adalah franchise “martabak spektakuler”, websitenya www.martabakspektakuler.com.
Sebelum memilih franchise yang sesuai dengan keinginan anda, anda bisa pertimbangkan tips-tips dibawah ini :
-Bagaimana produknya, apakah benar-benar unggul, berkelas? Sehingga orang yang paham tentang martabak memberi acungan jempol.
-Adakah standarisasi produk, kebersihan dan tampilan di tiap outletnya.
-Apakah besarnya biaya franchise masuk akal dan realistis? Misalnya, apakah kualitas produk, design dan mutu outlet, dllnya sebanding dengan uang yang kita yang kita investasikan?
-Apakah masuk akal, hanya untuk usaha martabak saja harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah? Lalu kapan tercapai ROI (investasi kembali) bila harga franchisenya saja ratusan juta rupiah.
-Adakah dukungan yang kontiniu yang bisa memotivasi kita menjalankan bisnisnya? Atau, setelah kita membeli franchise, “sayonara…!”
- Apakah latar belakang pemiliki dan pengelolah franchise martabak adalah orang yang memang kompeten di bidang boga?
-Apakah franchisor martabak (managemen) sangat komit dan konsisten dengan bisnis boga?
-Apakah banyaknya outlet yang dimiliki masih berjalan? Mana yang lebih banyak, yang masih berjalan atau sudah tutup?
-Apakah area yang dicover oleh franchisee berdekatan, sehingga tidak memberi napas lega bagi franchisee baru ini untuk mengembangkan bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar